2 Mei Memperingati H...

Setiap 2 Mei, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasioanal atau juga...


Selengkapnya...

JURUSAN KOMPUTER DAN...

DNA (Device – Network – Application) adalah sebuah program ekosistem...


Selengkapnya...

Latihan Dasar Kepemi...

Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang...


Selengkapnya...

PEMOTONGAN TUMPENG H...

Perhelatan prosesi ulang tahun SMK Nasional yang ke 42 selain...


Selengkapnya...

PENGUMUMAN DAN PERPI...

Secara serentak pegumuman kelulusan SMK telah dilaksanakan Kamis 3...


Selengkapnya...

PENIILAIAN TINDAKAN ...

PENILAIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Pemateri : bpk.sugiyanto PENGERTIAN : pengamatan dan...


Selengkapnya...

PENYERAHAN BANTUAN A...

PT. TVS MOTOR COMPANY INDONESIA merupakan bagian dari TVS Motor...


Selengkapnya...

PENYERAHAN BANTUAN A...

PT Astra Daihatsu Motor atau biasa disingkat dengan ADM adalah...


Selengkapnya...

Smk Nasional Berbah ...

Apa itu Sekolah Siaga Bencana? Sekolah Siaga Bencana (SSB) merupakan ...


Selengkapnya...
12345678910
Headline

Tips Menyembuhkan Mesin Motor Yang Terendam Banjir

perbaiki-motor-banjirHujan yang terus mengguyur sejumlah daerah khususnya di ibu kota Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan banjir di beberapa tempat. Tidak sedikit pengguna sepeda motor yang nekat menerobos genangan air yang cukup tinggi, alhasil banyak sepeda motor yang mogok akibat terendam oleh genangan air itu.

Jika Anda mengalami kejadian tersebut, ada beberapa cara untuk mengatasi atau ‘menyembuhkan’ mesin sepeda motor yang mogok akibat menerjang banjir. Berikut langkah-langkah yang Anda harus lakukan :

1. Buka karburator (jika masih menggunakan sistem pengabutan ini). Keluarkan semua cairan di dalamnya belum cukup dengan melepas mur tempat pembuangan bensin. Untuk sepeda motor injeksi, bagian yang rawan air adalah sambungan kabel dan komputer atau ECU (sudah dilapisi bahan anti resapan air).

Soket penghubung kabel sudah diberi insulator. Karena itu, genangan air bukan masalah bagi sepeda motor bermesin injeksi.” beber Ajang.

2. Buka mesin, mulai bak oli (crank ase), kopling dan blok silinder. Rendam dengan bensin dan keringkan.

3. Untuk skutik, dipastikan komponen di balik  bak CVT tidak kena air. Buang airnya melalui selang pembuangan (berada di bawah bak CVT).

4. Buang oli mesin, ganti dengan yang baru.

5. Buka semua sistem kelistrikan, seperti kabel, spul, rumah lampu dan lain. Keringkan untuk mencegah hubungan pendek.

6. Kalau sudah terpasang dengan baik dan rapi, barulah mesin dihidupkan kembali.

Semoga tips singkat di atas bermanfaat buat biker semua! ;)

Sumber : motodream

Hoax soal Mesin Injeksi!

Saat ini banyak sekali rumor yang berkembang mengenai mesin Injeksi, terutama pada Sepeda Motor, hal ini membuat Produk motor Injeksi belum mampu diterima pasar secara luas, masih terdapat banyak keraguan mengenai Mesin Injeksi, yang rupanya sebagian besar tidak benar, apa saja itu??saya coba membahasnya dan juga saya telah berkonsultasi dengan beberapa mekanik soal Mesin Injeksi ini.

mio-j-hitam-putih-merah

Hoax : Perawatannya susah dan mahal

Fakta : Pada prakteknya perawatannya sangat mudah, tidak perlu membongkar kendaraan untuk pengecekan, tinggal colok Diagnostic tools da langsung tahu kondisi mesin, hemat waktu dan biaya, untuk biaya service pun tidak mahal, relative sama dengan kendaraan karburator

Hoax : jangan menunggu habis bbm baru diisi, karena akan merusak sistem injeksinya karena tidak ada yg disedot justru menyedot angin, istilahnya masuk angin!

Fakta : hal ini mungkin dikarenakan terpengaruh oleh sistem injeksi mobil, sedangkan pada motor seperti vixion dan mio J, jika Injektor tidak mendapatkan suply bensin akan langsung mati secara otomatis

Hoax : Sparepartnya mahal karena beli satuan

Fakta : untuk sistem injeksi YMJET-FI tidak perlu dibeli satuan karena bisa dibeli terpisah (kurang tau kalo sistem injeksi lainnya)

Hoax : Jika motor injeksi terjatuh akan rusak dan susah dihidupkan kembali

Fakta : Untuk motor injeksi khususnya vixion memang memiliki sensor otomatis, jadi saat motor terjatuh otomatis mesin akan mati, tapi tinggal diberdirikan lagi kunci kontak di off kan lalu di onkan kembali baru distarter jika belum di off kan memang tidak akan nyala

Hoax : Mesin Injeksi tidak bisa dipake balap, dibuat kencang, atau diboreup

Fakta : mesin motor MotoGP semuanya sudah pake injeksi lho xixixixi, untuk dibuat kencang pun mudah, karena tinggal setting ECU

Mungkin bagi teman2 lain ada yg mau menambahkan atau mengkoreksi monggo…

 http://mariodevan.wordpress.com/2012/03/07/hoax-soal-mesin-injeksi/

Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

kupingwahhh ciussss enelannnn hehehehehe :D ,betul hari ini kita akan belajar mendiagnosis kerusakan mesin (motor) hanya dari mendengarkan suaranya saja hehehehehe keren kannnnnnn

tehnik ini saya pelajari dulu semasa saya masih di bengkel,dan inilah saatnya saya berbagi buat rekan2 sekalian,bahan2 yg diperlukan cukup simple bahkan bisa kita temukan di sekitar rumah,yakni “lap” dan tentu saja telinga yg masih normal berfungsi dg baik dan benar,mudah dam murah bukannnnn :mrgreen:

sebelum memulai saya sedikit bahas tentang cara snapping (blayer),karena suara2 pada mesin berbeda2,nah dg snapping yg baik dan benar maka kita akan  tahu apa yg menjadi kendala pada mesin motor kita

peraturan snaping pada diagnosis ini adalah tidak boleh melebihi 3000rpm ,jika lebih dari 3000 rpm maka suara2 tersebut tidak dapat terdengar dg baik karena terganggu oleh suara knalpot ,dan juga dianjurkan snappingnya tidak di tarik2  terlalu cepat ,cukup pelan2 saja (kayak lagunya kotak :D )

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

setelah mengetahui peraturan snapingnya sekarang saatnya kita coba, wokeeee lets start:

jenis suara pada mesin ada 2 yakni rattle atau suara berderik dan growl atau suara berderak,dan juga untuk penentuan komponen yg reusak maka mesin dibagi 2 bagian yakni kepala silinder dan kalter/blok mesin

suara yg terdapat pada kepala silinder :

  1. suara camchain (rantai mesin/kamrat)
  2. suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep (temlar)
  3. suara piston
  • menentukan suara cam chain:

ciri suara camchain yg rusak yakni : terdengar dg jelas suara berderik jika rpm rendah (<3000rpm) namun begitu gas dibuka maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan sestem pada camchain terdapat keausan,kita dapat memeriksa pula part2 terkait antara lain :lidah tensioner , lat dan gigi pengerak (gigi sentrik)

kamrat

note:suara terdengar pada bagian rantai mesin

  • menentukan suara sistem penggerak klep

ciri2 keasuan/keabnormalan dari sitem ini adalah: terdapat suara berderak yg  keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah (kebalikan dari suara camchain) dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin
, jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa sistem penggerak klep dan part yg terkait akan keausan dan part2 tsb antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) dan tentu saja bearing/bos2an nya (terutama pada sistem dohc,karena dohc membutuhkan kepresisian lebih, mengingat dalam sistem dohc tidak terdapat setelan klep)

  • menentukan suara dari piston

nah terkadang untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar ,jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dg cara mendengarkan suaranya,nah ciri2 suaranya adalah: adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dg lap dan snapping dilakukan sambil menginjak pedal rem blk dan gear motor pada posisi 1

setelah mengetahui suara2 pada kepala silinder sekarang saatnya menginjak pada pengenalan suara2 pada kalter mesin,dan suara2 tsb di bagi antara lain :

  1. cranksaft
  2. sistem kopling
  •   suara crankshaft

ciri2 dari suara abnormal pada crankshaft (bandul,as-kruk) adalah adanya suara berderak jika rpm naik secara cepat dari idle ke 3000rpm (untuk kali ini snapping dilakukan dg cepat) dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot ditutup dg lap dan motor berada pada posisi gigi1 dg rem blk diinjak,pengecekan dilakukan untuk melihat kelonggaran big end dari stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft

  • suara sistem kopling

dan yg terakhir adalah sistem kopling,nah suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dg suara pada sistem cranksaft demikin pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal suaranya,jika letal asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada pada kalter luar (kalter kopling)
,dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling dapat di lakukan pada karet2 damper baik pada kopling ganda maupun kopling utama

nah jika kita mengetahui bagian2 mana yg mengalami abnormal/keausan maka kita dapat dg mudah membongkar bagian2 tersebut dg cepat dan tidak membongkar bagian2 lain yg tidak terkait

demikian semoga artikel ini dapat berguna bagi semua

 http://diy4all.wordpress.com/2013/02/05/diydiagnosis-kerusakan-mesin-dari-suaranya/

Artikel Terkait Lainnya

Informasi Penting

MITRA KAMPUS
ULTAH SMK Ke. 43
PPDB 2019/2019

klik video

YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI NASIONAL
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SMK NASIONAL BERBAH

Read More

Sambutan Kepala Seko

image001Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayahNya, sehingga pengembangan website SMK Nasional Berbah 

Read More

Kegiatan Siswa

Kewirausahaan klik

 Pramuka klik

Outbound klik

Read More

Login Dengan


Social Share

Online saat ini

We have 24 guests and no members online
cern edukasi.net psmk bse rumah belajar nisn nuptk kemendiknas