2 Mei Memperingati H...

Setiap 2 Mei, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasioanal atau juga...


Selengkapnya...

JURUSAN KOMPUTER DAN...

DNA (Device – Network – Application) adalah sebuah program ekosistem...


Selengkapnya...

Latihan Dasar Kepemi...

Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang...


Selengkapnya...

PEMOTONGAN TUMPENG H...

Perhelatan prosesi ulang tahun SMK Nasional yang ke 42 selain...


Selengkapnya...

PENGUMUMAN DAN PERPI...

Secara serentak pegumuman kelulusan SMK telah dilaksanakan Kamis 3...


Selengkapnya...

PENIILAIAN TINDAKAN ...

PENILAIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Pemateri : bpk.sugiyanto PENGERTIAN : pengamatan dan...


Selengkapnya...

PENYERAHAN BANTUAN A...

PT. TVS MOTOR COMPANY INDONESIA merupakan bagian dari TVS Motor...


Selengkapnya...

PENYERAHAN BANTUAN A...

PT Astra Daihatsu Motor atau biasa disingkat dengan ADM adalah...


Selengkapnya...

Smk Nasional Berbah ...

Apa itu Sekolah Siaga Bencana? Sekolah Siaga Bencana (SSB) merupakan ...


Selengkapnya...
12345678910
Headline

Radiasi pada monitor LCD

Monitor dapat dikatakan sebagai salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat komputer. Hampir semua hasil operasi pada komputer ditampilkan pada monitor. Sampai dengan saat ini layar monitor yang bisa digunakan memanfaatkan tiga jenis teknologi, yaitu teknologi Cathod Ray Tube (CRT), Liquid Crystal Display (LCD) dan plasma gas. Teknologi yang tengah berkembang saat ini tidak hanya memberikan nilai positif, akan tetapi memberikan akibat yang negatif, salah satunya adalah dampak radiasi monitor terhadap pengguna komputer.
kompili
 
Cathod Ray Tube (CRT)
Tampilan layar biasanya cembung, dan terkadang mendistorsi tampilan gambar, yang seharusnya ditampilkan datar bisa jadi tampak melengkung pada monitor CRT.
Liquid Crystal Display (LCD)
Teknologi LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron untuk memancarkan sinar, akan tetapi menggunakan semacam kristal cair yang bisa berpendar. Kristal cair merupakan molekul organik kental yang mengalir seperti cairan, tetapi memiliki struktur spasial seperti kristal.
Plasma Gas Monitor plasma sering kali dipergunakan untuk seminar dalam ruangan besar yang membutuhkan layar besar untuk menampilkan presentasi. Pada monitor plasma, gas fosfor akan mengeluarkan sinar ultraviolet jika dipanaskan oleh sinyal listrik. Sinar ultraviolet tersebut kemudian menampilkan gambar di layar. Akibat teknologi yang digunakan, TV plasma sangat mudah panas.
 
Monitor komputer menghasilkan beberapa jenis radiasi yang tidak dapat dilihat oleh panca indera manusia. Gelombang-gelombang yang dihasilkan oleh layar monitor diantaranya :
  1. Sinar - X merupakan salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 picometer.
  2. Sinar ultraviolet dan gelombang mikro atau microwave, menyebaban sakit kepala, pening, keletihan, gangguan sistem saraf, sistem reproduksi, dsb.
  3. Radiasi elektromagnetik frekwensi atau yang dikenal juga dengan istilah Very Low Freqwency (VLF) dan Radiasi elektromagnetik frekwensi amat sangat rendah atau yang dikenal sebagai Extremely Low Freqwency (ELF) dihasilkan oleh defleksi horizontal dan sirkuit tegangan tinggi yang terdapat pada monitor
 
Penggunaan komputer sampai dengan 12 jam sehari dengan monitor yang tidak dilapisi oleh filter anti radiasi akan mengakibatkan mata merah. Semakin terang monitor anda, maka semakin banyak radiasi yang ditimbulkannya.Dampak berikutnya dari radiasi monitor komputer adalah mata yang bergetar dan berkedip, lalu dapat berlanjut memicu rabun jauh atau mata minus, keguguran dan epilepsi. Sementara dampaknya akan dirasakan mulai 15 sampai 20 tahun kemudian.
 
Gangguan kesehatan yang diakibatkan lainnya antara lain kemampuan membedakan warna berkurang dan katarak. Katarak biasanya disebabkan oleh proses penuaan, namun dalam hal ini penyakit katarak juga bisa diakibatkan oleh radiasi sinar ultraviolet.
 
 
Dari beberapa bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh monitor komputer memang memberikan dampak yang tidak menguntungkan, namun begitulah kenyataannya. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama mata. Karena kita akan selalu menggunakan komputer untuk banyak aktivitas, maka kita harus mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahaya radiasi ini. Berikut tips yang diberikan untuk mengurangi bahaya radiasi :
 
1. Gunakan filter layar monitor komputer atau kacamata anti radiasi
2. Pilih monitor dengan radiasi rendah atau yang memiliki refresh rate lebih besar dari 70 Hertz
3. Istirahatkan mata sejenak dan segarkan mata dengan cara melihat kehijauan.
4. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.

13 Tips Mengatasi Bahaya Radiasi Handphone

2497394 20130126072442Kemajuan teknologi selalu menghasilkan dua hal yaitu manfaat dan mudharat, termasuk Hp atau ponsel. Bahaya radiasi Hp adalah salah satu mudharat dari keberadaan Hp ini. Dalam sebuah panel diskusi yang digagas WHO disimpulkan bahwa telepon seluler atau hp ini bersifat karsinogenik. Sehingga diperlukan strategi dan edukasi untuk mengatasi bahaya radiasi Hp bagi kesehatan manusia.

Bahaya radiasi Hp ditengarai bisa menimbulkan sejumlah penyakit dan kelainan kesehatan misalnya, tumor otak, kanker, Alzheimer, Parkinson, kecapaian (fatigue), dan sakit kepala. Untuk mengatasi bahaya radiasi Hp dibawah ini beberapa tips yang perlu diketahui :

  1. Mengaktifkan speaker. Memakai speaker saat menelepon atau menerima panggilan akan mengurangi energi atau tingkat bahaya radiasi Hp-nya. Demikian juga, semakin jauh anda dari antena Hp, akan semakin rendah tingkat radiasinya. Kabel headset pada banyak Hp juga bisa bertindak sebagai antena, dan dapat mengirimkan sejumlah radiasi elektromagnetik ke pengguna Hp. Karena itu bijaksanalah dalam memakai kabel headset.
  2. Lebih baik SMS. Bila anda terbiasa dengan SMS-ria, sekarang anda punya alasan kuat untuk memaksimalkan kebiasaan anda tersebut. Mengirim teks via SMS akan membatasi durasi paparan bahaya radiasi Hp, dan menjaga jarak Hp dari kepala dan tubuh kita.
  3. Setting ke mode off line. Waktu Hp tidak dipakai, jangan lupa untuk mematikannya. Atau, setting menjadi offline, stand alone, atau flight mode, yang akan mematikan transmitter-nya namun masih memungkinkan Anda untuk menggunakan Hp untuk main game atau mendengarkan musik, serta membuka aplikasi lain kecuali menelepon dan browsing internet.
  4. Memakai HP sebaiknya di ruang yang luas. Ketika berada di lift yang sempit, mobil atau kendaraan, batasi penggunaan telepon seluler. Jangan memakai Hp saat mengemudi, karena akan membahayakan keselamatan anda maupun pengguna jalan raya lainnya.
  5. Lihat indikator penerimaan sinyal. Kurangi memakai Hp saat indikator penerimaan sinyalnya lemah, atau ketika anda sedang berada dalam kendaraan yang melaju kencang termasuk kereta api. HP akan meningkatkan kekuatan penerimaan sinyal hingga maksimal, karena Hp selalu mencari sinyal ke antena relay yang baru.
  6. Memakai telinga secara bergantian. Jika anda diharuskan menelepon dalam jangka waktu lama, cobalah memakai telinga kiri dan telinga kanan bergantian secara berulang kali. Hal ini bisa membatasi paparan bahaya radiasi Hp pada satu sisi kepala saja, yang sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko tumor otak dan kanker kelenjar ludah pada telinga yang sering digunakan untuk mendengarkan ponsel. Bila diibaratkan dengan olahraga berjalan atau lari, semakin jauh berjalan akan terasa capek dan otot pegal. Demikian pula menelepon, ada masanya untuk istirahat bagi otot pendengaran
  7. Menelepon seperlunya saja. Sebaiknya menelepon dengan Hp singkat dan seperlunya saja. Cukup untuk mengatur jadwal bertemu dengan nasabah, atau mengingatkan anak untuk belajar, misalnya. Jika anda ingin ngobrol dengan teman lama yang baru ketemu di jejaring social facebook atau twitter, sebaiknya memakai telepon rumah. Hmm, kelihatannya sepele, tapi ini bisa mengurangi bahaya radiasi Hp. Perlu diingat, risiko tumor otak dimulai pada tingkat paparan kumulatif yang relatif rendah.
  8. Mengurangi pemakaian Smartphone. Perangkat smartphone seperti BlackBerry atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada Hp biasa. Smartphone lebih banyak bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna. Mengurangi pemakaian smartphone merupakan langkah bijak untuk mengurangi bahaya radiasi Hp.
  9. Hp jangan langsung ditempel ditelinga, jika koneksi belum tersambung. Setelah menekan tombol nomor Hp yang dituju, tunggu beberapa saat sampai ada indikator tersambung. Saat itu, ponsel itu sedang mengirimkan sinyalnya yang terkuat karena sedang berusaha untuk terkoneksi.
  10. Dalam suatu penelitian, diketahui bahwa pria yang membawa telepon selulernya di dalam saku celana cenderung memiliki jumlah sperma 25 persen lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria lain yang tidak menyimpan ponselnya di saku celana. Setiap bagian dari tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda, dan jaringan testikular kemungkinan juga lebih mudah diserang. Jadi jangan kantungi handphone jika tak ingin terkena bahaya radiasinya.
  11. Malam hari sebaiknya HP dimatikan. Jika tetap menyala, sebaiknya diletakkan di luar kamar tidur, agar gelombang elektromagnetik tidak menyerang organ otak manusia.
  12. Jauhi anak balita dari Hp. Anak-anak usia dibawah 8 tahun sangat riskan terhadap bahaya radiasi Hp ini, sehingga sangat disarankan untuk tidak menggunakan HP.
  13. Gunakan tutup (casing) anti radiasi Hp. Di pasaran sekarang ini banyak ditawarkan berbagai produk untuk mengurangi bahaya radiasi Hp, mulai dari stiker antiradiasi hp hingga casing khusus untuk smartphone yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang dilakukan majalah Wired menunjukkan, beberapa merek casing antiradiasi hp mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.


Sebagai sebuah produk teknologi, Hp yang ada di pasaran tentu telah melalui serangkaian uji quality control yang ketat. Beberapa institusi juga menyatakan bahwa radiasi dari penggunan Hp tidak berbahaya. Namun tak ada salahnya bagi kita untuk aware dan bijak dalam pemakaian handphone ini, termasuk untuk selalu mengedukasi masyarakat agar terhindar dari bahaya radiasi Hp.

 http://www.kaskus.co.id

Mengobati Jerawat Di Wajah

Mengobati Jerawat Di Wajah

jerawat

Massage atau pengurutan wajah memang terasa nyaman, namun jika terlalu kerasa tekanannya dapat mengganggu anyaman serat collagen dilapisan kulit dalam (dermis). Jerawat komedo akan mudah tergelincir keluar saat massage wajah, apalagi jika pengurutan disertai dengan butiran halus (scrubbing).

Jerawat meradang sebaiknya tidak di-massage atau diurut karena bisa mengakibatkan proses infeksi menjadi lebih luas. Jari tangan petugas salon pun akan tercemar oleh bakteri jerawat tersebut. Penguapan pada kulit berjerawat baik untuk hidrasi kulit wajah yang kusam dan kering, tetapi hawa panas uap akan memperburuk kulit berjerawat yang merah meradang. Acne comedo pun akan dapat dibuat lunak sehingga memudahkan proses pengeluarannya. Acne conlobata akan bertambah merah meradang setelah diuapi dengan uap panas. Karena itu, jerawat meradang dilarang untuk diuapi.

Mengobati jerawat diwajah dengan jeruk nipis juga dapat dilakukan. Diantara banyak manfaat jeruk nipis adalah mengobati jerawat. Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobati jerawat di wajah adalah :

  • Terlebih dulu bersihkan wajah dengan air bersih
  • Ambil jeruk nipis, belah, kemudian oleskan pada wajah. Jangan gosokkan, cukup oleskan. Diamkan beberapa saat. 
  • Setelah air jeruk mengering, bilas wajah dengan air hangat dan bilas ulang degan air dingin lalau keringkan. Jika rutin melakukan perawatan ini 2 kali seminggu, juga membersihkan wajah 2 kali sehari, wajah akan terhindar dari jerawat. 
Cara Mengobati Jerawat Secara Alami
Banyak cara mengobati jerawat dengan cara tradisional dan dengan bahan alami. Salah satunya adalah bunga mawar. Jangan salah, bunga mawar yang indah bisa kita manfaatkan sebagai obat jerawat. Caranya adalah ambil 5 kuntum bunga mawar, lalu dihaluskan, berilah air jeruk nipis, oleskan ke wajah yang berjerawat.

Temulawak

Kencur

Bunga Mawar

Selain dengan bunga mawar, bahan alami lain yang dapat mengobati jerawat adalah temulawak dan kencur. Mengatasi jerawat bisa dengan memanfaatkan bahan alami ini. Bila temulawak dgunakan untuk mengatasi jerawat dari dalam, sementara kencur mengatasi jerawat dari luar. Caranya adalah siapkan temulawak 10 gram, asam (yang sudah lama) 10 gram, kencur 10 gr di parut, jinten, gula aren. Tumbuklah semua bahan-bahan tadi, setelah halus seduhlah dengan air panas, kemudian di minum.

Sementara untuk pengobatan dari luar tubuh caranya, kencur di parut, peras, endapkan air perasan tadi. Sebelum memakai endapan tadi, cucilah wajah dengan air hangat, oleskan air (bukan endapannya) tadi ke wajah menjelang tidur. Endapan kencur tadi bisa digunakan untuk masker wajah yang dicampur dengan rumput teki, teri adas, lembutkan bahan-bahan tadi kemudian berilah air hangat. Pakailah untuk masker wajah.

 

Cara Mengobati Bekas Jerawat

Berikut ada tips – tips untuk mengobati bekas jerawat, diantaranya adalah :

1. Yang harus utama dilakukan agar terbebas dari yang namanya jerawat adalah selalu rutin membersihkan wajah, terutama bagi wajah yang berminyak, setelah melakukan kegiatan di luar rumah. Biasanya debu yang mengandung kotoran akan menempel di wajah. Bersihkan dengan kain atau handuk yang bersih setelah mencuci wajah, karena bakteri suka dengan tempat yang lembab dan hangat.

2. Jauhkan / minimalkan memakan makanan yang mengandung gula, coklat, kacang dan juga makanan pedas, berminyak serta makanan berlemak. Sejenis makanan itu mengganggu peredaran darah pada tubuh, jadi butuh waktu detoxitasi tidak bisa berjalan dengan lancar. Rajin memakan sayuran dan buah.  Daun kemangi dan daun peterseli (parsley) dipercaya berguna mengobati jerawat dari dalam tubuh. Sedangkan buah bisa memakan buah apel yang banyak mengandung antioksidan.

3. Rutin berolahraga karena dengan berolahraga,  panas tubuh akan membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotorannya. Olahraga pun bisa melancarkan peredaran darah dan akan proses detoxitasi.

4. Meminum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Menurut informasi dengan berolahraga dan meminum air putih secara teratur akan membuat jerawat tidak sering timbul dan dibarengi dengan menjaga kebersihan wajah dan tubuh.

5. Hindari stress, karena salah satu penyebab datangnya jerawat merupakan akibat stress. Jadi bagi anda yang ingin menghilangkan dan mengobati jerawat yaitu dengan menghindari gaya hidup stress.

6. Menggunakan masker pepaya juga merupakan cara mengobati bekas jerawat. Caranya pepaya yang sudah matang dihaluskan(bisa ditambahkan jeruk nipis), dan gunakan untuk maskeran. Diamkan hingga kering kemudian cuci dengan menggunakan air hangat. Sebaiknya dilakukan menjelang tidur. Masker pepaya selain berguna mengobati bekas jerawat, juga memilki manfaat mengobati komedo dan mencegah wajah kusam. Sebenarnya banyak buah yang bisa digunakan untuk membuat masker. Misalkan masker tomat dan timun, caranya timun dan tomat, diiris tipis-tipis,lalu diamkan di kulit sekitar 10-15 menit.

7. Tidak memencet jerawat, karena memencet jerawat bukan menghilangkan jerawat tetapi akan menyebabkan noda-noda hitam dan bopeng pada wajah.

Mengobati Jerawat Secara Tradisional

Jerawat merupakan suatu kondisi dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang, Pada umumnya jerawat tidak hanya menyerang pada wajah saja tetapi dapat menyerang dibagian tubuh yang lain seperti leher, lengan, dada, ketiak bahkan hingga pada bagian pinggang.Cara mengatasi jerawat memang perlu dan jangan dilakukan sembarangan seperti menggaruk, memencet jerawat atau membiarkannya kering secara alami, Lalu kemudian mengeluarkan isi jerawat sesudah kering.

Berikut ini adalah tips umum cara mengobati jerawat secara tradisional, diantaranya adalah :

1. Bawang Putih

Ada dua cara dalam menggunakan bawang puth untuk mengobati jerawat. Cara pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga lumat lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Lalu diamkan hingga 10 menit lalu basuh.

- Cara kedua yaitu dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.Banyak yang mengungkapkan kedua cara ini cukup efektif, namun bagi anda yang tidak suka dengan bau bawang putih mungkin lebih baik menggunakan cara yang lain.

2.Putih Telur

Caranya pisahkan kuning telur lalu ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan hingga 15 menit. Putih telur ini bermanfaat mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

3.Pasta Gigi

Dalam menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat bukan pasta gigi yang berupa gel tetapi menggunakan pasta gigi yang berupa pasta. Caranya oleskan pasta gigi ke wajah anda yang berjerawat dan bagian tubuh yang lainnya yang terkena jerawat dilakukan sebelum tidur. Biarkan semalaman hingga pagi kemudian basuh dengan air bersih.

4.Lidah Buaya

Ambil satu lidah buaya, potong menjadi beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, Lalu oleskan di bagian yang timbul jerawat,dan lakukan berulang-ulang setiap pagi dan sore hari. Jika anda cukup rajin melakukannya, jerawat akan cepat mengering dan mengelupas selama 3 hari.

5.Tomat

Buah yang satu ini selain bermanfaat untuk kesehatan mata juga efektif mengobati jerawat recommended reading. Caranya iris tomat menjadi dua bagian lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan hingga 15 menit – 1 jam kemudian basuh.

6.Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar

Buah lemon/Jeruk nipis mengandung citric acid yang banyak, citric acid ini bermanfaat untuk memindahkan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya yaitu dengan menggabungkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah selama 10 menit setelah itu basuh denagn air hangat. Cara ini dilakukan selama 15 hari dengan rutin.

 http://www.caramengobatijerawat.org

Artikel Terkait Lainnya

Informasi Penting

MITRA KAMPUS
ULTAH SMK Ke. 43
PPDB 2019/2019

klik video

YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI NASIONAL
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SMK NASIONAL BERBAH

Read More

Sambutan Kepala Seko

image001Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayahNya, sehingga pengembangan website SMK Nasional Berbah 

Read More

Kegiatan Siswa

Kewirausahaan klik

 Pramuka klik

Outbound klik

Read More

Login Dengan


Social Share

Online saat ini

We have 34 guests and no members online
cern edukasi.net psmk bse rumah belajar nisn nuptk kemendiknas