2 Mei Memperingati H...

Setiap 2 Mei, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasioanal atau juga...


Selengkapnya...

JURUSAN KOMPUTER DAN...

DNA (Device – Network – Application) adalah sebuah program ekosistem...


Selengkapnya...

Latihan Dasar Kepemi...

Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang...


Selengkapnya...

PEMOTONGAN TUMPENG H...

Perhelatan prosesi ulang tahun SMK Nasional yang ke 42 selain...


Selengkapnya...

PENGUMUMAN DAN PERPI...

Secara serentak pegumuman kelulusan SMK telah dilaksanakan Kamis 3...


Selengkapnya...

PENIILAIAN TINDAKAN ...

PENILAIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Pemateri : bpk.sugiyanto PENGERTIAN : pengamatan dan...


Selengkapnya...

PENYERAHAN BANTUAN A...

PT. TVS MOTOR COMPANY INDONESIA merupakan bagian dari TVS Motor...


Selengkapnya...

PENYERAHAN BANTUAN A...

PT Astra Daihatsu Motor atau biasa disingkat dengan ADM adalah...


Selengkapnya...

Smk Nasional Berbah ...

Apa itu Sekolah Siaga Bencana? Sekolah Siaga Bencana (SSB) merupakan ...


Selengkapnya...
12345678910
Headline
Jun
01

Merawat body sepeda motor

servicePenampilan kendaraan yang kotor umumnya disebabkan pemiliknya malas melakukan perawatan. Kenyataannya, banyak cara dilakukan agar sepeda motor bisa menjadi pusat perhatian dan tampil memesona. Berikut ini tips singkat merawat kendaraan agar tetap mengkilap.

  1. Cuci kendaraan jangan pakai deterjen karena bisa merusak catnya. Karena zat kimia dalam detergen dapat memudarkan kecemerlangan cat kendaraan.
  2. Gunakan sampo khusus untuk kendaraan
  3. Hindarkan tumpahan cairan zat kimia (minyak rem, oli, dsb) mengenai cat kendaraan
  4. Jangan parkir di tempat yang terkena panas terik matahari langsung atau hujan
  5. Saat mengecat kendaraan atau pengikisan perhatikan partikel kecil yang masih melekat di cat kendaraan untuk menghindari gores.
  6. Mengelap dengan searah, jangan sembarangan karena bisa membuat baretan di cat kendaraan
  7. Saat mencuci gunakan lap atau kain yang lembut, seperti busa grout sponge, sea sponge, wash mitt, lambs wool, atau jenis lainnya. Jangan gunakan busa kasar.
  8. Minimal 2 minggu sekalii lakukan waxing supaya cat kendaraan terlindungi

Inilah tahap proses untuk melakukan pencucian motor kalian
salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret halus (swirl mark) adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh step ini, oke berikut alat dan step-stepnya:

Sabun,
Shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek,sabun cuci baju)untuk mencuci bagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita, mahal dikit gak papa... yang penting jangka panjangnya cat motor kita bakal terjaga terus. untuk bagian lain (shock,ban,mesin,dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya.

Applicator (media untuk mencuci) 
1Gunakan applicator yang lembut dan tidak membuat cat baret. sebagai contoh gunakan salah satu jenis applicator ini: grout sponge,sea sponge,wash mitt,lambs wool, Jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasar dan kecil. karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya),cari yang porinya besar-besar sehingga kemungkinan untuk menimbulkan baret halus (swirl mark) akan terhindar, karena pasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori applicator.

 

2 system bucket, siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.

Mulai basah-basahan yuks :

Semprot dengan air seluruh bagian motor, sampai kalian yakin klo kotoran dan debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yg ada di ember 1, dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelom pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang2kan applicatornya hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar2 bersih.
semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.

Saatnya ngeringin :
Untuk ngeringin paling bagus sih pake Microfiber Waffle weaf drying towell, cuman saya akuin emang mahal. so what can we do about it ? setidaknya gunain lap Chamois yang bagus, keringkan sampai ke bagian celah2 motor. dan usahakan supaya lap tersebut terus dibilas, sehingga tetap bersih. jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot)nantinya, dan ampun dahhhh... itu susah bgt ngilanginnya klo udah bertahan lama.

Detailing process (acara poles memoles):
Biasanya kita kan asal langsung poles aja tuh motor, sebenernya ada loh step2nya, dan klo diikutin... motor yang butek bisa balik seger lagi tuh hehehehehe,

1.Claying,
2Tujuannya untuk mengangkat kotoran2 yg udah lama banget nempel di body motor kita, seperti bekas aspal,bekas kotoran yg me"ngerak",dll. Tujuan utamanya ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita. Kapan sih kita bisa tahu klo kita butuh men'clay' motor kita?
Coba deh raba dengan tangan kita (atau bisa juga kita masukan tangan kita ke dalam kantong plastik dan coba raba body motor kita dengan tangan yang sudah terbungkus plastik tersebut), klo kerasa kasar... nah berarti motor kita butuh nih treatment ini.
Clay ini bentuknya mirip kaya lilin yang buat mainan anak2 itu. Caranya,gosok clay ini disekujur cat motor dengan dilubrikasikan dulu menggunakan quik detailer (nanti kita bahas lagi apa sih quick detailer/QD).
gosok secara merata, lalu lap dengan menggunakan lap Microfiber/MF yang berkualitas.
Coba deh raba lagi.... wuih niscaya kayak pantat bayi tuh alusnya cat motor kita hahahaha.

2.Cleaning,

Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/wax terdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.

3.Polishing,

langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. jangankan motor lama, motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya. nah... polishing adalah caranya. motor saya kebetulan masih tergolong baru, begitu melewati tahap ini hasilnya keliatan sekali berbeda... sampai2 orang dealernya aja nanya, di cat lagi ya pak motornya? hahahahahaha....

4.Waxing/protection/sealent

nah pasti udah pada kenal sama tahap ini...? tahap ini yang biasa kita kenal dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. produk mana yang bikin paling kinclong ?
cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam), cuman biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), basisnya dari bahan2 kimia sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih
ok yg pure carnauba.

5.Maintaining,

Nah... semua proses tersebut dapat bertahan lebih lama lagi hasilnya klo kita rawat. Gimana sih cara ngerawatnya? bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali, klo mau lebih bagus lagi bisa juga disemprotkan quik detailer setiap kita abis nyuci, step ini yang paling sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil dari semuanya.

Klo semua step ini dilakukan dengan benar, hasilnya bakal RUARRRR...BIASA! cat akan terlihat lebih Deep, wetlook ,dan slick setiap harinya.

yang perlu diingat dari semua proses ini adalah :

-Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu applicator pad. jadi buat cleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga sendiri. lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.
-Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, emang sih agak mahal... cuman yakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan lama karena bisa dicuci berkali kali.

semoga bermanfaat

sumber : http://hondasepedamotor.blogspot.com
              http://batam.tribunnews.com

Jun
01

5 TIPS JITU MERAWAT SEPEDA MOTOR SENDIRI

monitorAda yang bilang merawat sepeda motor  susah, biaya perawatanya mahal, mesin cepat rusak dan lain-lain. Padahal Cara Merawat Sepeda Motor  sangatlah mudah. Berikut akan saya berikan 5 langkah mudah merawat sepeda motor :

1. OLIE  MESIN
Olie berfungsi sebagai pelicin 
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.

- Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)

- Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa untung!, hehe).

2. A.K.I
Aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.

Tips penting merawat aki:

- Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!

- Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )

- Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda! dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.

Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.



3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2, tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa, coba dicek kondisi busi.

- Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.

- Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.

- Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.

- Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.

4. KARBURATOR

 Inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak mau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER  ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.

5. RANTAI DAN GEAR SET 

Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:

- Jika rantai melambai, kencangkanlah.
- Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
- Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
- Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka buanglah dan yang baru belilah.

Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.

Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan Anda,,lhooo salah-salah…

Berikut cara memperlakukan motor dengan lembut :

1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:

- Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.

- TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).

- Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.

- Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.

2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.

3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.

Dengan cara di atas kemungkinan besar tidak akan terjadi kemogokan di tengah perjalanan dan  jangan lupa untuk selalu rutin menservis motor anda agar terhindar dari kerusakan yang parah. Jika di tengah tengah perjalanan motor anda mengalami kemogokan, hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah ceklah kondisi aki motor anda mungkin saja aki anda telah habis atau Busi Anda.Paling kalo masih kagaka mau yaaa.. cari Bengkel terdekat 

Read more:  http://bee4bisnis.blogspot.com/2012/09/5-jitu-tips-merawat-sepeda-motor-sendiri.html#ixzz2UztwiR1s

Jun
01

10 TIPS DAN TRIK CARA MERAWAT SEPEDA MOTOR M ATIC INJEKSI

injeksiin

  1. Panaskan terlebih dahulu motor sekitar 1-5 menit sebelum bepergian, hal ini bertujuan agar mesin cukup panas dan pelumas dapat melumasi seluruh bagian mesin, 
  2. Anda tidak menggebernya terlalu cepat atau melajukan dengan cara melepas selongsongan gas dengan cepat atau lambat. Ini biasanya akan memperpendek usia mesin motor matik injeksi Anda.
  3. Biasakan lakukan service berkala serta mengganti oli setiap 2 bulan sekali atau pemakaian 2000 KM. Biasanya service berkala ini meliputi karburator, filter udara, busi, aki, dan sebaiknya juga dilakukan dibengkel resmi.
  4. Rajin mengganti oli transmisi matik secara rutin. Karena dengan demikian dapat memberikan solusi untuk pada mesin ataupun komponen-komponen lainnya
  5. Pastikan menggunakan spare part yang asli, untuk menjamin kualitas dan keawetannya.
  6. Cek secara berkala :
    - AKI motor karena motor matic banyak menggunakan daya dari AKI
    - Karburator, servis karburator tiap 3 bulan sekali
    - Busi, selalu gunakan busi original
    - Cek Filter udara Selalu memeriksa kondisi busi dan aki. Sebab kedua komponen ini merupakan hal yang sangat penting. Apabila sudah rusak maka segera ganti dengan yang baru
  7. Selalu memperhatikan tangki motor injeksi dianjurkan agar tidak mengisi bensin dalam keadaan tangki kosong.
  8. Perhatikan hal-hal vital pada motor matic seperti, V-belt, klep dan roller yang dapat sewaktu-waktu rusak.
  9. Cek juga shock breaker dan ganti oli shock minimal 10.000 km karena motor matic menggunakan monoshock jadi menahan beban lebih berat.
  10. Dan yang paling penting adalah safety riding atau berkendara dengan aman dan bijak yang dapat membuat motor awet dan tentu saja keselamatan anda dan orang lain dapat terjaga cialis for women


semoga bermanfaat

Read more:  http://bee4bisnis.blogspot.com/2013/01/10-tips-dan-trik-cara-merawat-sepeda.html#ixzz2UzshzGM4

Artikel Terkait Lainnya

Informasi Penting

MITRA KAMPUS
ULTAH SMK Ke. 43
PPDB 2019/2019

klik video

YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI NASIONAL
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SMK NASIONAL BERBAH

Read More

Sambutan Kepala Seko

image001Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayahNya, sehingga pengembangan website SMK Nasional Berbah 

Read More

Kegiatan Siswa

Kewirausahaan klik

 Pramuka klik

Outbound klik

Read More

Login Dengan


Social Share

Online saat ini

We have 23 guests and no members online
cern edukasi.net psmk bse rumah belajar nisn nuptk kemendiknas