• SMK NASIONAL BERBAH
  • Makes people creative and inovative

Audit Eksternal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

      SMK NASIONAL BERBAH, adalah lembaga penyelenggara jasa pendidikan Menengah Kejuruan menerapkan semua ketentuan atau persyaratan yang berlaku dalam ISO 9001:2015 agar semua proses yang menyangkut proses layanan pendidikan dapat diukur dan dipantau dengan baik. 

      Penerapan SMM ISO 9001:2015  meliputi semua proses penyediaan jasa pendidikan menengah kejuruan diseluruh Kompetensi/Paket Keahlian yang diselenggarakan di SMK NASIONAL BERBAH dan Ketata Usahaan; mulai promosi, penerimaan siswa baru sampai kelulusan serta penelusuran tamatan.

      Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015  ini mempunyai 5 klausul utama yang dibangun menurut pendekatan proses yaitu:

  1.     Sistem Manajemen Mutu Pendidikan
  2.     Tanggung Jawab Manajemen Pendidikan
  3.     Manajemen Sumber Daya Pendidikan
  4.     Realisasi Layanan Pendidikan
  5.     Pengukuran, Analisa dan Peningkatan Pendidikan

      Pedoman Mutu ini menjelaskan semua kegiatan – kegiatan Sekolah Menengah SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta sesuai dengan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015.

      Penggunaan lainnya adalah untuk memperagakan kepada semua pihak yang berkepentingan dan menginformasikan kepada mereka bahwa Sekolah Sekolah Menengah SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta telah melakukan penerapan pengendalian untuk menjamin mutu dari produknya.

      Penerapan Sistem Manajemen Mutu di Sekolah Menengah SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta yang beralamatkan di Tanjungtirto, Kalitirto, Berbah Sleman Yogyakarta, meliputi proses kegiatan belajar mengajar untuk bidang keahlian antara lain:

  1. Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
  2. Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
  3. Bidang Keahlian Teknik Pemesinan
  4. Bidang Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
  5. Bidang Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

      Sekolah Menengah SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta dalam melaksanaan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015   pada kegiatan operasionalnya tidak terdapat pengecualian dalam penerapan persyaratan / klausul layanan pendidikan.

      Dalam penerapan SMM ISO 9001:2015, Sekolah Menengah SMK Nasional Berbah telah melaksanakan Kegiatan Audit Eksternal SMM ISO 9001:2015 yang dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Februari 2020.

       Pelaksanaan Sertifikasi ISO 9001:2015 ini sangat penting karena untuk mengupgrade sertifikasi ISO sebelumnya dengan ISO yang baru dengan berbasis resiko. Hal ini juga nantinya akan mempengaruhi eksistensi SMK di waktu yang akan datang. dan bisa diimplementasikannya di manajemen SMK Nasional Berbah Sleman dengan sebaik baiknya”.

       Audit Eksternal  meliputi pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumen dan implementasi dokumen yang berkaitan dengan syarat ISO 9001:2015. Selain Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada sekolah bahwa akan memberikan proses layanan yang prima, baik dari segi akademik maupun administrasi.

       Fungsi ISO untuk memastikan prosedur pelayanan yang ada di suatu sekolah sudah baku sehingga dalam melaksanakan programnya sudah jelas. Pembukaan Audit eksternal dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Februari 2020, pukul 09.00 bertempat di Ruang Multimedia SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta. Bapak Dwi Ahmadi, S.Pd selaku Kepala Sekolah, menyampaikan pentingnya Audit Eksternal karena salah satu butir instrumen suplemen perangkat akreditasi adalah Sertifikat ISO juga pada  saat sambutan acara pembukaan , kemudian penjelasan dan perkenalan tentang SMK Nasional Berbah dan TPPM  disampaikan pula olek Ketua TPPM SMK Nasional Berbah Sleman yaitu Bapak Arif Rohman, S.Pd.  Dan sambutan terakhir pada opening meeting adalah sambutan dan penjelasan Audit Eksternal  oleh Bapak Novi Arif Budiman selaku Pimpinan Auditor dari TUV Rheinland Yogyakarta. Setelah pembukaan dilanjutkan pelaksanaan Audit Eksternal di tiap-tiap unit kerja.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Seniman Kita Sedang Menari di Surga

     Segenap civitas SMK Nasional berduka atas meninggalnya Bapak Surono, sosok humoris yang kerap membuat seisi kantor guru tertawa terbahak-bahak sekarang sudah lebih t

12/03/2020 09:57 WIB - Administrator
LOMBA MEWARNAI, CIPTA PUISI DAN BERCERITA CERPEN

Dalam rangka menyambut Bulan Bahasa dan Hari Kunjung Perpustakaan, Perpustakaan “GANESHA PUSTAKA” SMK NASIONAL Berbah mengadakan lomba mewarnai, cipta puisi dan berceritera

03/01/2020 07:25 WIB - Administrator